Jumat, 07 Februari 2020

Mentan Syahrul Paparkan Terobosan Majukan Pertanian

Mentan Syahrul Paparkan Terobosan Majukan Pertanian
Mentan Syahrul Paparkan Terobosan Majukan Pertanian
Mentan Syahrul Paparkan Terobosan Majukan Pertanian

Mentan Syahrul Paparkan Terobosan Majukan Pertanian

Kalau Anda seorang peternak ayam Anda bisa jadikan ayam joper sebagai salah satunya pilihan buat Anda budidayakan. mengapa harus ayam joper? masalah ini sebab ayam joper atau juga biasa disebutkan dengan ayam kampung super merupakan satu diantara style ayam pedaging yang memiliki banyak peluang dan keuntungan.

Apapun si keuntungan dari budidaya bibit ayam joper ini?

Beberapa keuntungan budidaya ayam joper ialah seperti berikut :

  1. Budidaya ayam joper bisa dipanen hanya dalam 60 hari. 
  2. Ayam joper punya ketahanan badan yang tinggi dan tahan penyakit. 
  3. Daging ayam joper sangat serupa ayam kampung. 
  4. Daging ayam joper punya protein tinggi. 
  5. Daging ayam joper rendah lemak. 
  6. Daging ayam joper punyai rasa yang lebih lezat serta lebih padat.

Nah.. karena keunggulan inilah mengapa beternak ayam joper jadi trend tertentu di golongan peternak ayam. tidak cuman fungsi dna keutungan yang banyak periode panennya juga tergolong cepat.

Diluar itu untuk harga jual dari ayam joper ini pun masih tinggi serta konstan di pasaran, dengan demikian tidak mengherankan kalau ayam joper ini disebut lain ayam kampung super. Perlu diketahui kalau sifat unggul dari ayam joper ini tidaklah tampak demikian saja, walau demikian di turunkan dari ke dua indukannya yang diketahui sebagai ras ayam yang baik.\

Naah.. ayam kampung sebagai ayam yang memiliki daging lezat serta daya tahan tubuh tinggi terhadap serangan bermacam penyakit. sesaat itu untuk indukan yang disebut ayam broiler punya keunggulan berupa perkembangannya yang cepat serta daging yang gemuk.

Naah... dari kedua kombinasi tersebut yang membuahkan spesies unggulan baru jadi tak salah bila para peternaknya memberi harga jual yang tinggi.

Dengan demikian kesempatan inilah yang penting Anda ambil dengan belajar cara budidaya ayam joper, bila Anda sukses budidaya ayam joper ini akan dapat memberikannya penghasilan yang menjanjikan buat Anda.

Buat Anda yang masih pemula, jangan risau mengenai metode budidaya ayam joper ini, karena kali ini kami memberi pedoman komplet mulai persiapan awal sampai penangan masa panen bibit ayam joper. Budidaya Ayam Joper buat Anda yang masih pemula berikut langkah untuk langkah buat budidaya ayam joper yang dapat Anda lakukan :

Persiapan kandang 

Buat langkah awal dalam budidaya ayam joper ini yakni dengan mempersiapkan kandang atau tempat tingga ayam joper itu. buat kandang ini letakkan ayam kualiatas super ini pada kandang dengan kualifikasi sebagaimana berikut Ukuran kandang

Buat ukuran kandang ini sangat perlu buat Anda simak. masalah ini berhubungan dengan kenyamanan ayam joper Anda.

Dan kenyaman ayam joper sangat tergantung pada jumlahnya populasi yang tempati suatau kandang lho.., bila kandang terlalu sesak pastilah ayam-ayam tersebut tidak akan nyaman serta sebaliknya kalau kandang sangat longgar pun tidak efektif untuk peternak.

Oleh karena itu ukurlah terlebih dahulu tingkat populasi dengan besaran kandang yang bakal Anda buat. diluar itu sesuaikan pula penempatan ayam dengan tingakatan perkembangannya, nah kalau memang Anda harus menyediakan sejumlah kandang dengan beragam ukuran dalam bagian persiapan ini jadi berikut gambaran yang dapat dijadikan ukuran dalam membuat kandang ayam joper.


  • Buat Ayam joper berumur 1 – 6 hari harus ditempatkan pada suatu kandang dengan jumlah populasi 60 ekor per m2 kandang 
  • Untuk Ayam joper berumur 7 – 12 hari diletakkan pada suatu kandang dengan jumlah populasi 40 ekor per m2 kandang 
  • Untuk Ayam joper berusia 13 – 30 hari diletakkan pada sebuah kandang dengan banyaknya populasi 20 ekor per m2 kandang 
  • Untuk Ayam joper berusia 31 – hari panen ditaruh dalam sebuah kandang denagn banyaknya populasi 9 ekor per m2 kandang


Naah... berdasar pada ilustrasi tersebut kalau Anda miliki ayam joper siap panen dengan populasi 1000 ekor, maka Anda harus menyiapkan kandang dengan ukuran 100 m ( 10 x 10 m ).
Penempatan kandang sesudah ukuran kandang usai butuh Anda cermati pula perihal peletakan Kandang ayam joper. untuk peletakan seharusnya di tempatkan di ruang yang jauh dari pemukiman masyarakat serta terjaga kebersihan dan terjamin adanya airnya soal ini pun untuk mengawasi kenyamaan penduduk sekitar dan ayam joper Anda.

Diluar itu butuh juga buat Anda jadi perhatian berkenaan rotasi udara yang keluar masuk kandang ayan joper. karena itu tempatkan kandang membujur dari arah timur ketujuan barat. Anda perlu mengendalikan penempatan atau design kandang hingga ketika sedang panas terik, ayam-ayam Anda tidak tersiksa oleh sengatan cahaya matahari.

Persiapan bibit 

Naah bagian beriktunya berhubungan dengan mutu ayam joper yang kelak Anda panen itu tergatung dengan pemilihan bibit ayam joper di awal budidaya. bila Anda inginkan ayam joper yang berdaging tebal, karenanya waktu penentuan bibit ambil bibit yang sangat besar. Dan penentuan bibit ini dapat dikerjakan saat waktu penetasan telah tiba pada 21 hari tidak lebih dan tidak kurang. jikalau Anda mau memperoleh bibit ayam joper dengan kualitas terhebat. Anda bisa mengabari nomer yang berada pada blog ini.

beberapa ciri bibit ayam joper yang baik. 

Per dipahami pun tanda-tanda dari ayam joper yang baik merupakan sebagaimana berikut :

  • Memiliki Sehat lewat cara fisik 
  • punyai Mata bercahaya 
  • punyai badan tegap 
  • mempunyai Bulunya bersih serta mengkilap

kalau Anda pingin mendapat hasil yang maskimal Anda harus hindari menentukan bibit yang tidak memiliki
ke-4 syarat-syarat itu, bila ada salah satu saja yang tak terpenuhi, jadi dapat diyakinkan bibit itu tidak wajar untuk diternak alias tak baik.

kasih pakan yang sama dengan 

Dalam memberi pakan yang baik sebagai satu diantaranya aspek dasar dalam keberhasilan budidaya ayam joper. Pakan yang akan Anda dikasihkan alangkah ada baiknya sesuai sama jumlah serta kebutuhan nutrisi dari ayam itu. untuk ini ada pakan yang pakai pakan alami seperti gamal jadi ragam, buat

Untuk lebih jelasnya berikut cara pemberian pakan ayam joper yang baik :.

  1. untuk bibit DOC ayam yang baru datang butuh Anda diistirahatkan lebih dahulu. kemudian Anda bisa memberikannya minuman dari kombinasi 1 sendok gula jawa dan air sebanyak 200 ml.
  2. Setelah itu Anda dapat memberikan voer atau BR murni hingga ayam DOC berusia 4 minggu
  3. seusai ayam DOC melewati umur 4 minggu, Anda bisa memberikan paduan pakan dengan bekatul, jagung, bungkil, kedelai, dan lain-lain. kalau Anda sudah berpengalaman, maka Anda dapat mengontrol serta mengira-ngira sendiri campuran yang cocok untuk pakan ayam joper Anda.
  4. Dalam berikan pakan yakinkan pakan diberikan dengan rata serta ketahui ayam yang mulai kehilangan nafsu makan. bila ayam Anda alami ciri demikian mengindikasikan terdapatnya suatu penyakit yang dibutuhkan perlakuan.

Berikan Ayam Joper multivitamin

Naah tahap selanjutnya untuk ayam joper Anda Multivitamin pula berperan dalam memelihara kesehatan ayam. kasih multivitamin dengan panduan berikut di bawah ini :


  1. Ayam joper usia 1 hari berikan air gula serta Vita Chick atau Neo medril agar ayam menjadi kuat dan tidak gampang depresi
  2. Ayam joper usia 4 – 6 hari berikan Vita chick atau Vita stress untuk tingkatkan perkembangan ayam joper Anda.
  3. Ayam joper umur 12 – 32 hari berikan Vita stres atau fortevit buat menahan stres serta tingkatkan perkembangan

Penanganan penyakit butuh 

Anda pahami bila ayam joper anda udah diindikasi terkena penyakit tetelo, snot, atau gumbolo, karena itu Anda perlu segera berikan obat sesuai dengan ciri-ciri penyakit yang dirasakan ayam. Obat tersebut bisa Anda diperoleh di toko-toko pakan ternak.

Penangganan panen bagian terakhir untuk sadari 

Ayam joper siap panen yaitu ayam telah memasuki umur 6 minggu dengan kisaran berat 0,7 – 0,9 kg. kalau perawatan diteruskan hingga 12 minggu, karenanya berat ayam dapat sampai 0,9 – 1,1 kg.
Sekarang sudah ketahui kan bagaiman budidaya ayam joper. bila Anda mengingkan bibit ayam joper yang berkulitas Anda bisa mengontak nomer yang berada pada blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar