Rabu, 05 Februari 2020

Indonesia Sepakati 14 Kerjasama Bidang Pertanian Dengan PEA

Indonesia Sepakati 14 Kerjasama Bidang Pertanian Dengan PEA
Indonesia Sepakati 14 Kerjasama Bidang Pertanian Dengan PEA
Indonesia Sepakati 14 Kerjasama Bidang Pertanian Dengan PEA

Indonesia Sepakati 14 Kerjasama Bidang Pertanian Dengan PEA

Belakangan ini ayam joper atau biasa dimaksud dengan ayam kampung super tengah populer di golongan peternak ayam khususnya peternak ayam kampung asli. Karena ayam joper berikan pemecahan di tengah permasalahan yang dihadapi peternak ayam kampung asli, ialah lama-nya waktu panen ayam kampung adalah sampai menggapai 6 bulan, soal ini menyebabkan harga ayam kampung asli di market melonjak naik.

Asal usul ayam joper 

Sebelum kita masuk ke ulasan, alangkah lebih baik kita mengetahui dari mana asal usul ayam joper. Ayam Joper atau yang biasa dikatakan dengan Ayam Jawa Super / Ayam Kampung super ini berasal dari persilangan antara ayam bangkok pejantan dengan ayam petelur betina.

Kelebihan ayam joper 

Ayam joper memiliki begitu banyak keunggulan dan kelebihan daripada ayam kampung asli, di samping kelebihan yang paling mencolok yakni cepatnya panenan ayam joper yang hanya 2 bulan, masih banyak kelebihan - kelebihan lainnya diantaranya adalah :
  1. Panen hanya 60 hari. 
  2. memiliki daya tahan badan yang tinggi serta tahan penyakit. 
  3. Daging seperti ayam kampung. 
  4. Tinggi Protein. 
  5. Rendah lemak. 
  6. Daging lebih lezat dan lebih padat. 
Usaha ayam joper 

Lantaran cepatnya panen ayam joper, prospek untuk ternak ayam joper / ayam kampung super sangatlah bagus buat peternak ayam maupun warga yang pingin coba usaha.

Buat seorang yang memiliki mata yang bagus, pasti pahami kenapa peluang usaha ayam joper sangatlah menjanjikan, bahkan juga seseorang yang bukan latar belakang peternakan pun tau apabila usaha ayam joper benar-benar bagus untuk ke depan nya.

Trik memelihara ayam joper 

Memelihara ayam joper lantas tidaklah rumit seperti ayam yang lain, cukup dengan membaca buku peternakan serta cari di situs internet anda akan banyak menemukannya berbagai cara dalam memelihara ayam joper.

Beternak ayam joper dengan metode umbaran 

Satu diantaranya teknik untuk memelihara ayam joper yakni dengan memeliharanya dengan cara tehnik umbaran atau biasa disebutkan dengan free range, yaitu teknik pemeliharaan ayam dengan cara mengobral ayam atau mungkin tidak dikandangkan.

Ayam dikasih kebebasan dan dilepas buat bergerak bebas di tanah, meski tidak dikandangkan, tetapi tidak liar sebab masih tetap diberi pembatas berbentuk pagar dengan cakupan ruang yang luas.

Dengan tehnik ini anda miliki banyak keuntungan, antara lain yaitu :

Harga pakan lebih murah serta daging lebih sehat

Anda tak usah beli pakan pabrikan yang harga termasuk juga mahal, anda hanya perlu berikan pakan ayam anda makanan tersisa atau digabung dengan bahan organik.

Utama ialah ayam lebih bahagia dan membuat berat lebih berat.

Kemungkinan anda adalah salah satu dari ribuan peternak ayam yang tidak mencermati kebahagiaan hewan ternak anda, pasalnya nyata-nyatanya ada suatu organisasi peternakan dunia yang memperlakukan hewan ternaknya dengan kasih sayang yang memiliki nama Mercy for Animal atau kasih sayang buat hewan.

Di dalam organisasi ini sangatlah memperhatikan hewan ternaknya, yang sangat utama tidak bisa ada kekejaman dan kekerasan dalam membesarkan hewan ternaknya.

Selain hal tersebut kebahagiaan hewan sebagai faktor penting dalam peternakan, terutama peternakan ayam. kalau ayam bahagia jadi pakan yang udah dimakan ayam tersebut akan jadi daging semakin banyak daripada ayam yang punya tingkat stress yang tinggi, pakan yang menjadi daging akan sangat sedikit.

Buat pembersihan sistem umbaran ini, dikerjakan setiap seminggu sekali, jadi sekam yang kotor dapat diambil, lalu dia akan ganti dengan sekam yang baru. Jadi, kotorannya bisa langsung terbuang dengan sekamnya. Yang membuat tehnik ini amat praktis, bertambah cepat, dan lebih simpel.

Analisis usaha ayam joper 100 ekor 

Juga perlu buat memerhatikan dan mempelajari riset usaha ternak ayam joper, dengan kajian ternak ayam joper kita dapat punya data yang bakal mendukung ternak kita seperti antara lain modal yang diperlukan, cost operasional ternak, hingga perhitungan rugi serta untung yang dibuat dari ternak.
hingga sampai sini mungkin anda udah paham kenapa analisis usaha ayam joper sangat penting, memang wawasan penelitian ini sangat perlu serta begitu memiliki pengaruh untuk peternakan kita selanjutnya, mengingat apabila kita salah mengkaji upaya kita jatuhnya yaitu kehancuran serta berakibat tidak berhasil beternak ayam joper.

Dalam mengawali usaha ternak ayam joper ini ada baiknya kita coba 100 ekor terlebih dahulu jangan terburu nafsu dengan beli banyak ayam, dengan kita coba beternak ayam joper dengan kemampuan 100 ekor, kita akan bisa memandang dan untuk menjauhi suatu hal yang tidak dibutuhkan.

Karena pada intinya anda masih pemula pada dunia ternak ayam joper, sudah pasti pada waktu memulai ternak kita akan alami bingung, untuk sesudah itu jika dirasa sudah lumayan mampu dalam beternak, jadi anda bebas pingin beternak sejumlah apa saja, akan tetapi lebih baiknya apabila itu dilakukan dengan kontinyu.

Udah waktunya kita analisa ternak ayam joper 100 ekor, kita asumsikan seperti berikut :
  • Harga DOC Ayam Joper (100 ekor) = Rp.580.000 
  • Pakan Ayam Joper Merk BR1 4 sak = Rp.1.400.000 
  • Vaksin = Rp.100.000 
  • 5 Bohlam lampu 100 watt = Rp.20.000 
  • Ransum pakan serta minum = Rp.150.000 
  • Listrik perbulan = Rp.20.000 
Dengan hitungan seperti di atas kita mendapat keseluruhan Rp. 2.270.000 sekiranya mengasumsikan jika per ekor ayam kita mendapatkan berat rata 0.9 kg, dengan memperhatikan harga daging ayam joper saat ini meraih Rp 29.000 per KG di kali kan dengan 95 KG maka kita bakal peroleh total penjualan Rp 2.755.000 yang bermakna kita mendapatkan untung sebesar Rp 485.000 per 100 ekor nya.

Akan tetapi keuntungan di atas belum termasuk perawatan yang lain, seperti siapkan kandang yang wajar buat ayam joper, pakan pabrikan, hingga ransum pakan serta tempat minum.

Jika anda inginkan penambahan berat ayam yang signifikan, anda perlu membikinkan kandang ayam anda dengan koreksi definisi umur, dari DOC sampai siap panen serta pemberian pakan dan minum yang sungguh-sungguh jika memang perlu dibuatkan jadwal buat pemberian pakan serta minum. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar